Coaching PembaTIK Level IV Provinsi Bali Tahun 2020

 

Sebenarnya kegiatan coaching PembaTIK Level 4 (Berbagi) sudah selesai beberapa hari yang lalu. Tetapi karena ada beberapa kesibukan (sok sibuk ๐Ÿ˜‚) jadi belum bisa sharing pengalaman saya bagaimana sih rasanya ikut kegiatan coaching PembaTIK Level 4 ini. 

Banyak yang saya dapatkan ketika ikut kegiatan PembaTIK dari Level 1 hingga Level 4 ini. Banyak ilmu serta pengalaman yang saya dapatkan dan tentunya komunitas baru, teman-teman baru yang saling berbagi tentang inovasi media pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran itu sendiri. Bagi sahabat yang belum membaca sharing pengalaman saya sebelumnya tentang mengikuti kegiatan PembaTIK Level 1 hingga Level 3 bisa dibuka dulu melalui link berikut :


Ok lanjut ya sahabat, jadi kegiatan Coaching PembaTIK Level 4 (Berbagi) Provinsi Bali ini dilaksanakan mulai tanggal 28 September 2020 sampai dengan 30 September 2020. Awalnya cukup canggung karena tak satu pun peserta PembaTIK Level 4 ini saya kenal. Kecuali memang dua Duta Rumah Belajarnya karena memang sudah kenal sejak masih kuliah. Satu teman sekelas sekaligus korti, kalau dibangku sekolah ketua kelasnya lah haha. Tidak apa-apa sepertinya saya menyebutkan nama sekalian para sahabat yang baca blog ini tau kalau kita di Provinsi Bali punya duta Rumah Belajar yang keren. Okelah ๐Ÿ˜Ž.. yang satu Bli Haryantara dan satu lagi Bli Mang Adhi yang sudah kenal sejak KKN dulu.

Singkat cerita, kegiatan pun dimulai dihari pertama dengan pembukaan coaching kemudian dilanjutkan dengan perkenalan para Sahabat Rumah Belajar Provinsi Bali Tahun 2020 sekaligus motivasi mengikuti kegiatan Pembatik Level 4 dan menjadi duta rumah bejalar. Oh iya bagi yang belum tau, SRB atau Sahabat Rumah Belajar adalah 30 peserta PembaTIK dengan nilai tertinggi yang telah lolos tahap seleksi dari Pembatik Level 1 hingga Level 3.


Pada hari kedua tidak kalah seru, ada orientasi kelas online yang dibawakan langsung oleh Bli Haryantara, yaitu bagaimana penjelasan teknis penggunaan kelas online simpatik level 4. Kemudian dilanjutkan oleh Dhikamedia Budiadnya dengan materi tips blog yang menarik.


Seiring dengan berjalannya waktu kami pun akhirnya mulai mengenal satu sama lain, walaupun hanya terbatas lewat aplikasi video conference. Adanya room kecil atau breakroom juga mempermudah saya khususnya untuk mengenal dan belajar dari para senior yang lolos ke PembaTIK Level 4 ini. Pada hari kedua ini saya juga mulai mengenal teman se-kabupaten yang juga lolos ke PembaTIK Level 4 Provinsi Bali Tahun 2020. Sehingga di sharing berikutnya saya juga akan bahas bagaimana perjuangan membumikan Rumah Belajar di Kabupaten Karangasem. ๐Ÿ‘Œ


Tak terasa sudah sampai pada hari ketiga sekaligus hari terakhir dari kegiatan coaching ini. Pada hari terakhir, Bapak Dr. Sumarno memberikan materi atau kalau saya pahami sepertinya tips dan strategi untuk berbagi. Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa mengikuti setiap rangkaian kegiatan PembaTIK ini. Sesuatu mungkin yang belum tentu semua orang bisa mencapai dan mendapatkannya. Akhir kata tibalah kami untuk berpisah sementara, karena sejatinya saya yakin suatu saat kami para guru yang berusaha saling berbagi ini akan bertemu kembali. 

Tugaspun menanti, bagaimana kita para SRB mensosialisasikan penggunaan serta fitur Rumah Belajar. Membuat vlog serta menuangkannya didalam blog masing-masing. Pada sharing berikutnya saya akan memperkenalkan ke lima anggota team SRB Kabupaten Karangasem Tahun 2020. Sekaligus menjadi awal kegiatan berbagi.