Mengatasi Game Lag (Patah-Patah) di Nvidia Geforce

Mengatasi Game Lag (Patah-Patah) di Nvidia Geforce - Bermain game lag atau patah-patah, macet, lemot adalah hal yang paling sering dialami oleh seorang gamers. Untuk gamers dengan budgets melimpah (sultan) tentu bukan suatu masalah besar karena mereka dapat dengan segera mengganti atau bahkan mengupgrade perangkat konsol atau komputer mereka. 

Ada berbagai hal yang menyebabkan aplikasi game tidak berjalan dengan mulus di komputer, berikut admin menuliskan beberapa penyebab game atau permainan tidak berjalan lancar di komputer.

Penyebab Game Lag (Patah-patah)

Spek Perangkat Kurang Mumpuni : Setiap game itu ada yang namanya spesifikasi minimum. Kalau spek PC atau Laptop yang dipakai kurang kuat, maka terjadilah lag.

Windows Penuh File Sampah : Jangan heran, Windows yang jarang dioptimalisasi bisa bikin game ngelag. Dan bukan cuma game lho, software-software lain juga bisa ikut melambat kinerjanya.

Driver VGA Terlalu Outdate : Banyak yang gak kepikiran buat update driver. Padahal, buat beeberapa game ini lumayan lho bedanya. Karena kadang bisa meningkatkan performa sekaligus FPS supaya jadi lebih lancar.Kepikiran buat apa update Driver? Padahal kayanya tidak terasa bedanya.

Game Yang Dimainkan NgeBug :  Lag dari game juga bisa jadi dari gamenya langsung loh. Karena tidak sedikit game yang kurang stabil (Biasanya yang baru rilis). Dan ini membuat FPS yang kita dapat jadi menurun.

Mengatasi Game Lag di Nvidia Geforce

Berikut beberapa cara yang dapat dicoba jika sahabat menggunakan Video Graphic Adapter Nvidia Geforce. Mulai dari update driver VGA Nvidia Geforce yang terbaru sampai pengaturan Nvidia Geforce dari Control Panel. Berikut kita bahas satu persatu.

Update Driver Nvidia Geforce

Sahabat bisa mengupdate driver VGA Nvida Geforce dengan mudah melalui Nvidia Geforce Experience. Berikut langkah-langkahnya :

1. Bukalah Nvidia Geforce Experience, cari saja pada menu pencarian di Windows maka sahabat akan menemukannya atau dari system tray dengan cara klik kanan pada ikon nvidia.

2. Setelah terbuka lanjutkan dengan memilih menu DRIVERS kemudian unduhlah driver terbaru dengan menekan tombol DOWNLOAD. Perhatikan gambar dibawah ini.

3. Tunggulah sampai unduhan selesai, lamanya tergantung dari kecepatan internet sahabat.

4. Setelah selesai di download, maka akan muncul tampilan instalasi driver Nvidia Geforce seperti gambar berikut. Pilih saja EXPRESS INSTALLATION.

5. Installah seperti biasa dengan mengikuti petunjuk yang muncul.

6. Selesai, kini komputer sahabat sudah terpasang driver Nvidia Geforce terbaru dan up to date.

Pengaturan Nvidia Control Panel

Selain dengan memperbaharui driver Nvidia Geforce, sahabat juga dapat mengatur aplikasi mana saja yang bisa menggunakan fitur VGA Nvidia Geforce ini. Caranya sangat mudah, simaklah langkah-langkah berikut.

1. Bukalah Nvidia Control Panel, cari saja pada menu pencarian di Windows maka sahabat akan menemukannya atau dari system tray dengan cara klik kanan pada ikon nvidia.

2. Setelah terbuka, carilah menu Manage 3D Setting (1) di sidebar sebelah kiri. Lanjutkan dengan memilih Program Settings (2).  Tambahkanlah aplikasi/game yang akan menggunakan fitur Nvidia Geforce dengan cara memilih pada Select a program to customize (3), kemudian terakhir tekan Add (4). Perhatikan urutan gambar berikut jika kalian masih bingung.

3. Misalkan disini admin akan menambahkan sebuah game PES 2020 maka akan terlihat sebagai berikut.

4. Jangan lupa pada bagian Select the preferred graphics for this program pilihlah High-performance NVIDIA processor.

5. Selesai, kini program/game sudah berhasil ditambahkan ke list aplikasi yang bisa menggunakan fitur Nvidia Geforce.

Demikian tadi pembahasan bagaimana mengatasi game yang patah-patah atau lag dengan komputer yang menggunakan Nvidia Geforce sebagai video adapternya. Sekian artikel kali ini jika ada yang masih kurang jelas bisa tulis di kolom komentar dibawah. 

Semoga bermanfaat !