2 Cara Convert JPG dan PNG ke WebP dengan Mudah

2 Cara Convert JPG dan PNG ke WebP dengan Mudah - Sebenarnya untuk mengubah gambar jpg dan png maupun yang lainnya ke webp bisa dilakukan dengan mudah. Kalian bisa melakukannya dengan cara yang tidak banyak menyita waktu terutama bagi anda yang suka mengelola situs atau website tentu akan sangat familiar dengan ekstensi gambar yang satu ini.

Convert JPG dan PNG ke WebP

Apa itu gambar WebP?

Ekstensi gambar WebP file merupakan format gambar yang dikembangkan oleh Google dari tahun 2010. WebP format memiliki size file yang lebih kecil tanpa menurunkan kualitas gambarnya. Jadi hal ini bisa jadi alternatif format gambar di samping JPEG atau PNG untuk menghasilkan ukuran atau file size gambar yang lebih kecil.

Karena ukuran file-nya relatif lebih kecil, format file WebP sangat cocok digunakan pada blog atau website dengan tujuan untuk mempercepat loading website terutama website yang harus menampilkan banyak gambar.

Kelebihan gambar WebP

Seperti yang sudah admin bahas diatas, format gambar ini dibuat untuk menyediakan opsi yang lebih baik untuk menampilkan gambar pada media website dengan ukurannya yang lebih kecil.

Ukuran gambar sangatlah penting dalam sebuah website. Dengan mengecilnya ukuran sebuah gambar, ini bisa menghemat ruang hardisk (storage) hosting anda. Disisi lain, Semakin kecil ukuran sebuah gambar, maka makin cepat halaman website tersebut bisa diaksses. Terlalu banyak gambar dengan ukuran besar akan membuat sebuah website menjadi lambat, dan pada akhirnya menurunkan reputasi website tersebut.

Dengan tidak berkurangnya kualitas yang begitu signifikan, webp menjadi alternatif bagi anda yang ingin membuat loading halaman website menjadi lebih cepat, namun tidak mengurangi kualitas gambar.

Kekurangan gambar WebP

Selain kelebihan webp, ada pula kekurangannya yaitu webp belum disupport sepenuhnya oleh browser. Meskipun webp sudah dikembangkan dari tahun 2010, namun sayangnya masih banyak browser yang belum mendukung untuk format tersebut. 

Saat ini broswer yang sudah mendukung format gambar WebP adalah Chrome, Firefox, Opera, Opera Mini, Android Browser, Edge, dan Samsung Internet.

Cara convert ke WebP

Untuk mengubah gambar dengan format jpg, jpeg, png maupun yang lainnya ke format webp bisa dilakukan dengan cara online maupun offline. 

Secara online

Secara online anda bisa mengubah file gambar ke webp dengan mengunjungi situs anyconv. Kemudian pilihlah jenis file gambar yang hendak anda akan ubah ke webp kemudian unggah dan jika sudah selesai anda tinggal mengunduh file gambar yang sudah berekstensi webp.

Secara offline

Secara offline sendiri ada beragam aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengubah format gambar ke webp. Berikut beberapa aplikasi gratis yang layak sahabat coba untuk mengubah gambar ke webp format.

Advanced Batch Image Converter

Aplikasi Advanced Batch Image Converter sepenuhnya gratis dan open source dengan berbagai kelebihan, diantaranya :

  • Mendukung puluhan format file gambar;
  • Berjalan di Windows, Mac OS X dan banyak OS lainnya;
  • Multithreaded (dapat menggunakan semua inti CPU);
  • Portabel (bisa berjalan tanpa instalasi);
  • Dapat memproses gambar dengan kedalaman 16 bit (hanya untuk format tertentu, seperti TIFF dan JP2).

Untuk mengunduh aplikasi ini silakan tekan tombol download dibawah ini.

Download

Gimp

Aplikasi Gimp merupakan aplikasi gratis selanjutnya yang layak anda coba, hal ini dikarenakan fiturnya yang lumayan lengkap hampir sama seperti tampilan Adobe Photoshop. Untuk mengunduhnya silakan klik pada tombol download berikut.

Download

Bonus : Adobe Photoshop

Untuk sekarang, setidaknya sampai artikel ini dibuat Adobe Photoshop belum bisa membuka maupun menyimpan file gambar dengan ekstensi webp. Untuk itu diperlukan sebuah plugins untuk bisa membuka file webp. Untuk caranya silakan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Unduh pluginsnya disini. Oh iya, plugins ini direkomendasikan untuk adobe photoshop 64bit.

2. Setelah berhasil diunduh anda akan menemukan file berformat .8bi

3. Salin/copy file tersebut ke folder plugin Adobe Photoshop yang biasanya berada di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop\Plug-ins

4. Jika sudah buka ulang Adobe Photoshop anda, kini kalian sudah bisa membuka maupun menyimpan file gambar berformat webp.

Demikian cara mengubah atau convert gambar jpg, jpeg, png maupun yang lain ke dalam format webp dengan menggunakan cara online maupun offline. Jika masih ada kendala silakan ajukan pertanyaan pada kotak komentar dibawah dengan menekan tombol posting/buka komentar.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.