Mengatur Pesan WhatsApp Supaya Terhapus Otomatis

Mengatur Pesan WhatsApp Supaya Terhapus Otomatis - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi mengirim pesan paling populer saat ini. Bagi sebagian pengguna WhatsApp (WA), mungkin terganggu dengan menumpuknya chat WA yang menguras kapasitas penyimpanan smartphone. Anda bisa saja langsung menghapus pesan setelah selesai obrolan, tapi apakah itu efektif? Kenyatannya banyak diantara kita yang sering lupa atau bahkan 'mager' untuk melakukannya.

Mengatur Pesan WhatsApp Supaya Terhapus Otomatis

Kini, singkirkan rasa mager tersebut karena sebenarnya Whatsapp telah menyediakan fitur untuk menghapus pesan otomatis. WA sendiri memberikan jangka waktu maksimal menyimpan pesan di dalam device Anda selama 7 hari. Setelah lebih dari itu, jika Anda mengaktifkan fitur ini semua pesan yang berumur lebih dari 7 hari akan terhapus secara otomatis. Caranya sangat mudah, ikuti langkah beserta panduan screenshot berikut:

Buka Aplikasi WhatsApp

Sekarang, buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone Anda. Kemudian, masuk ke menu "Chats" dan cari nama kontak yang ingin diaktifkan fitur hapus pesannya tersebut.

Ketuk Profil Kontak yang Dipilih

Setelah menemukan nama kontak yang ingin dipilih, tap nama tersebut untuk mengunjungi profil WhatsApp mereka.

Pilih Menu Pesan Sementara

Setelah masuk ke dalam profil pengguna tersebut, cari menu "Pesan Sementara", lalu ketuk. Apabila ini pertama kalinya bagi Anda, akan muncul sebuah pop-up yang berisi persetujuan. Anda bisa klik "lanjut" untuk ke menu yang Anda tuju.

Aktifkan Fitur Pesan Sementara

Kemudian, tap di pilihan "Nyala" hingga terdapat lingkaran hijau di sebelah kiri pilihan tersebut.

Setelah itu, Anda bisa kembali ke tampilan utama WhatsApp dan fitur hapus pesan WA setelah 7 hari akan aktif dengan sendirinya. Anda bisa melakukan tes, dengan mengirimkan pesan kepada pengguna WA yang telah diaktifkan fiturnya tersebut, lalu tunggu hingga 7 hari. Pasti pesan tersebut akan terhapus secara otomatis. Jika Anda ingin menghentikan fitur ini, langkahnya sama seperti di atas hanya saja pilih opsi "Mati" di menu "Pesan Sementara".