3 Cara Melaporkan Rekening Penipu

3 Cara Melaporkan Rekening Penipu - Berbelanja secara daring atau online memang memberikan banyak kemudahan, tetapi banyak juga kasus penipuan daring yang menyebabkan banyak orang kapok berbelanja daring.

Tapi jangan khawatir kini ada berbagai cara agar bisa cek rekening penipu dan cara melaporkannya dengan mudah sehingga kamu bisa tetap berbelanja online dengan aman.

3 Cara Cek Rekening Penipu Online

Cek Melalui CekRekening.id

Cara cek rekening penipu yang pertama bisa kamu lakukan dengan mengakses situs CekRekening.id. Situs yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia ini tentu sangat bisa diandalkan karena resmi dan cukup up to date. Selain melacak nomor rekening, dari situs ini kita juga bisa memperoleh informasi mengenai nama pemilik, nama bank, hingga rekaman transaksi dari pelaku penipuan.

Di situs ini kamu tak cuma bisa melacak rekening penipu, tapi juga bisa melaporkan penipuan. Nantinya setelah kamu melaporkan maka semua informasi mengenai rekening pelaku akan diblokir untuk meminimalisir korban penipuan. Untuk mengakses situs CekRekening.id sendiri bisa dilakukan melalui ponsel atau PC secara gratis.

Cek Melalui Kredibel.co.id

Situs lain bernama kredibel.co.id juga bisa kamu jadikan pilihan untuk melakukan pengecekan terhadap rekening penipu online. Situs ini memang memiliki data dan catatan mengenai beberapa nomor rekening penipu yang telah dilaporkan masyarakat.

Tak hanya mengidentifikasi nomor rekening penipu, tapi situs ini juga mampu mengecek kredibilitas nomor telepon yang sering menjadi sarana penipuan daring.

Cek Melalui Akun Instagram @indonesiablacklist

Kamu juga bisa melakukan pengecekan rekening penipu melalui akun instagram @indonesiablacklist. Akun ini memang telah mengumpulkan dan menyusun beberapa kasus terjadinya penipuan daring yang terjadi di toko daring atau Instagram.

Tak hanya mampu mengidentifikasi rekening penipu, dari akun ini kamu juga bisa mendapatkan layanan mediasi secara gratis bila mengalami penipuan online. Nantinya setiap kasus yang bermasalah akan diunggah dalam postingan di Instagram hingga masalah dapat diselesaikan sampai tuntas.

3 Cara Maporkan Rekening Penipu

Setelah mengetahui rekening penipu, ada baiknya kalian juga melaporkannya kepada pihak yang berwenang. Karena, selain memperbesar peluang uang kalian kembali secara utuh. kalian juga bisa mencegah orang-orang lain agar tidak terkena penipuan seperti yang kalian alami.

Melalui OJK

Cara pertama untuk melaporkan rekening penipu adalah melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK sebagai lembaga negara memang telah membuka layanan pengaduan bagi masyarakat yang mengalami penipuan menggunakan rekening perbankan.

Untuk melaporkannya ke OJK kamu dapat menghubungi nomor telepon 1-500-655. Selain menelepon, kamu juga bisa melaporkan kasus penipuan yang dialami melalui surat elektronik atau email ke konsumen@ojk.go.id.

Nantinya nomor rekening yang dilaporkan ke OJK akan diproses dan bila terbukti menipu maka akan dijadikan barang bukti untuk membekukan rekening penipu.

Laporkan melalui Lapor.go.id

Cara berikutnya untuk melaporkan kasus penipuan adalah melalui situs Lapor.go.id. Situs yang dibuat oleh Kepolisian Republik Indonesia ini memang disediakan bagi masyarakat yang menjadi korban penipuan untuk melaporkan kasusnya.

Selain kasus penipuan online, lewat situs lapor.go.id ini juga kamu bisa melaporkan kasus-kasus kriminal lainnya.

Melalui CekRekening.id

Cara cek rekening penipu lainnya adalah dengan menggunakan situs cekrekening.id. Caranya mudah, kamu bisa membuka situs cekrekening.id, lalu pilih bank, masukkan nomor rekening, dan klik periksa tombol rekening.

Jika nomor rekening terindikasi melakukan penipuan, klik “tambah laporan” dan isi kolom-kolom yang diperlukan. Situs ini juga menerima laporan terkait investasi palsu, kasus narkotika, kasus terorisme, dan kejahatan lainnya.

Cara Konvensional, Langsung ke Polisi

Jika penipuan yang anda alami berjumlah lebih dari Rp2,5 juta, ada baiknya anda segera melaporkan kasus ini ke polisi langsung.

Datangi kantor polisi terdekat kemudian ceritakan kronologi penipuan dan bukti penipuan yang kamu alami.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.