Cara Mengatasi Fan/Kipas Laptop Makin Kencang Saat di Charge/Cas

Cara Mengatasi Fan/Kipas Laptop Makin Kencang Saat di Charge/Cas - Kipas laptop yang tiba-tiba berbunyi lebih keras dari biasanya atau menimbulkan suara yang aneh, bukanlah sesuatu yang harus diabaikan. 

Selain dapat mengganggu fokus dan kenyamanan saat digunakan untuk bekerja maupun bersantai, suara berisik ini biasanya merupakan indikasi bahwa kipas laptop tidak bekerja dengan baik. Makanya, kamu harus segera memastikan penyebab yang menimbulkan masalah ini.

Mengatasi Kipas Laptop Makin Kencang Saat di Cas

Masalah hardware yang biasa menimpa pengguna laptop adalah kipas atau heatsink yang berputar terlalu kencang, sehingga dapat menimbulkan suara bising.

Baca juga : 2 Cara Mengembalikan Power Plan yang Hilang di Windows 10

Nah pada artikel kali ini admin akan mengulas beberapa penyebab kipas laptop berbunyi makin kencang serta cara mengatasinya, untuk itu silakan dibaca tutorialnya dibawah ini.

Mengatasi Kipas Laptop Berisik Saat di Cas

Untuk mengatasi kipas atau fan laptop yang berisik saat di cas (charge) kamu bisa mencoba beberapa solusi yang dijelaskan sebagai berikut.

Kipas berkerja ekstra

Sedang asyik bermain game namun malah terganggu dengan suara berisik dari dalam laptop? Jika kamu mengalami ini, maka indikasi utama yang terjadi adalah beban kerja prosesor terlalu berat. Saat prosesor harus bekerja di luar kapasitasnya, maka dapat menaikkan suhu prosesor. Akibatnya, laptop menjadi panas, sehingga baling-baling kipas pun bekerja lebih kencang hingga menimbulkan suara berisik.

Solusi: Segera perhatikan spesifikasi laptop. Jika spesifikasi laptop standar, hindarilah menjalankan aplikasi atau program yang menguras tenaga prosesor ekstra atau beban melebihi kapasitasnya. Sebaiknya jalankan aplikasi yang diperlukan saja.

Kipas kotor

Munculnya suara berisik juga menjadi tanda bahwa kipas laptop kotor. Kotoran yang menumpuk di kipas, terutama debu dan rambut dapat menghambat performa kipas untuk mendinginkan hardware laptop. Hal inilah yang kemudian menimbulkan suara bising pada laptop.

Solusi: Bersihkanlah kipas dan lubang ventilasi laptop minimal secara rutin. Jika laptop kamu masih memiliki garansi, bawalah ke service center resmi untuk mendapat penanganan yang tepat dan mencegah hilangnya garansi yang ada.

Kipas rusak

Sudah berapa tahun kamu menggunakan laptop kesayanganmu? Jika sudah bertahun-tahun, bisa jadi suara berisik muncul akibat komponen kipas laptop sudah rusak seiring lamanya umur pemakaian laptop. Penyebab lainnya adalah keteledoran memasang kipas yang kurang sesuai setelah melakukan upgrade laptop.

Solusi: Gantilah kipas sesegera mungkin ke tempat servis terpercaya. Saat ini, sudah banyak kipas yang menawarkan tingkat kecepatan yang dapat diatur atau mendukung modulasi kecepatan kipas melalui program seperti SpeedFan. Solusi lainnya, kamu bisa melengkapi laptop dengan pendingin eksternal (laptop cooler) yang berfungsi agar laptop tidak cepat panas.

Sistem Operasi Terlalu Berat

Sistem Operasi yang tidak sesuai dengan laptop kamu dapat membebani daya kerja dari laptop tersebut. Hal itu akan memicu processor bekerja ekstra untuk tetap menjalankan OS tersebut.

Jika processor bekerja sangat keras maka otomatis kipas laptop juga akan beputar semakin kencang pula.

Solusi: Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu menggunakan Sistem Operasi yang ringan saja atau bawaan dari laptop tersebut.

Ubah Maksimum Prosesor State

Ada kalanya maximum processor state bermasalah sehingga menyebabkan kinerja kipas atau fan menjadi lebih kencang dari sebelumnya terutama ketika melakukan pengisian daya atau charge. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa mencoba cara berikut.

Langkah 1: Klik kanan pada ikon baterai yang ada di taskbar kemudian pilih Power Options.

Mengatasi Kipas Laptop Makin Kencang Saat di Cas

Langkah 2: Dari langkah diatas akan memunculkan jendela Power Options lalu lanjutkan dengan klik pada Change advanced power settings.

Mengatasi Kipas Laptop Makin Kencang Saat di Cas

Langkah 3: Gulir agak kebawah maka kamu akan menemukan Maximum processor state, silakan ubah bagian Plugged in menjadi 98 atau 99%. Terakhir silakan simpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol OK.

Mengatasi Kipas Laptop Makin Kencang Saat di Cas

Baca juga : Cara Memulihkan Windows yang Rusak dengan System Restore Point

Demikian pembahasan bagaimana cara mengatasi kipas laptop yang berbunyi berisik dan berputar makin kencang ketika di cas. Akhir kata semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.