Google MUM: Teknologi Baru Untuk Kueri Penelusuran Kompleks

Google is developing a new technology for answering complex search queries called “MUM,” which stands for Multitask Unified Model.
Google MUM: New Technology For Complex Search Queries
Google MUM: New Technology For Complex Search Queries
Sumber: SearchEngineJournal

Google bertujuan untuk menjawab pertanyaan pencarian yang lebih kompleks dengan teknologi baru yang disebut Multitask Unified Model, atau disingkat "MUM".

Google mengungkapkan pada konferensi I / O pada hari Selasa bahwa sedang dalam proses mengeksplorasi bagaimana MUM dapat digunakan untuk lebih memahami bahasa dan memberikan tanggapan yang berguna.

MUM belum tayang, tapi Google memberikan gambaran yang jarang tentang bagaimana hal itu dikembangkan. Berikut adalah sorotan dari pengumuman Google.

Google MUM Membantu Menyelesaikan Sesuatu

Sasaran Google dengan MUM adalah membantu pengguna menyelesaikan banyak hal dengan lebih sedikit penelusuran.

Rata-rata, Google merasa butuh delapan kali pencarian untuk menyelesaikan tugas-tugas kompleks.

Google membayangkan masa depan di mana MUM dapat memberikan tanggapan untuk pertanyaan kompleks seperti:

“Saya telah mendaki Mt. Adams dan sekarang ingin mendaki Mt. Fuji musim gugur mendatang, apa yang harus saya lakukan secara berbeda sebagai persiapan? ”

Saat ini, pengguna harus mencari informasi yang berbeda untuk menjawab pertanyaan itu, seperti ketinggian setiap gunung, suhu rata-rata di musim gugur, kesulitan jalur pendakian, perlengkapan yang tepat untuk digunakan, dan banyak lagi.

Google membandingkan jawaban yang MUM dapat berikan dengan tanggapan yang akan diberikan oleh pakar pendaki gunung untuk pertanyaan yang sama.

MUM dapat memahami bahwa pengguna membandingkan dua gunung, yang menunjukkan ketinggian dan informasi jalur mungkin relevan. Kemudian dapat dipahami bahwa untuk "mempersiapkan" dapat mencakup aktivitas seperti pelatihan kebugaran dan menemukan perlengkapan yang tepat.

Selain itu, MUM dapat menampilkan wawasan berdasarkan pengetahuan mendalam tentang dunia, yang berarti MUM dapat menunjukkan informasi seperti musim gugur adalah musim hujan di Gn. Fuji jadi pengguna mungkin membutuhkan jaket tahan air.

MUM mampu menampilkan subtopik yang berguna untuk eksplorasi yang lebih dalam, seperti peralatan peringkat teratas atau latihan pelatihan terbaik. Hasil penelusuran akan mengarahkan pengguna ke artikel, video, dan gambar bermanfaat dari seluruh web.

"Mesin telusur saat ini tidak cukup canggih untuk menjawab seperti yang dilakukan pakar. Namun dengan teknologi baru yang disebut Model Terpadu Multitask, atau MUM, kami semakin dekat untuk membantu Anda dengan jenis kebutuhan kompleks ini. Jadi di masa mendatang, Anda membutuhkan lebih sedikit penelusuran untuk menyelesaikan sesuatu. ”

Teknologi di Balik MUM

Mirip dengan BERT, MUM dibangun di atas arsitektur Transformer, tetapi dikatakan 1.000 kali lebih kuat dengan kemampuan untuk melakukan banyak tugas untuk membuka informasi dengan cara baru.

Google mengatakan MUM dapat memahami informasi dalam berbagai bahasa dan format untuk memberikan hasil yang paling lengkap kepada pengguna.

“MUM tidak hanya mengerti bahasa, tapi juga menghasilkannya. Ini dilatih dalam 75 bahasa berbeda dan banyak tugas berbeda sekaligus, memungkinkannya mengembangkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang informasi dan pengetahuan dunia daripada model sebelumnya.
Dan MUM bersifat multimodal, sehingga memahami informasi di seluruh teks dan gambar dan di masa mendatang, dapat diperluas ke lebih banyak modalitas seperti video dan audio. ”

Google telah memulai uji coba internal MUM dan berjanji untuk menerapkan AI canggih ini ke hasil pencarian dengan cara yang bertanggung jawab.

MUM akan menjalani pengujian ketat yang sama seperti setiap pembaruan pada Google Penelusuran sebelum diluncurkan. Perusahaan mengatakan akan memberikan perhatian khusus pada pola yang mengindikasikan bias dalam pembelajaran mesin.

Carilah peningkatan dan fitur yang diberdayakan oleh MUM pada produk Google dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.


Sumber: SearchEngineJournal