10 Rumus Excel Yang Sering di Gunakan

Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja
10 Rumus Excel Yang Sering di Gunakan

Bagi yang sedang mempersiapkan untuk terjun ke dunia kerja, Microsoft Excel adalah salah satu software yang sangat penting untuk dipelajari.

Pasalnya, dalam dunia kerja, Excel kerap digunakan untuk membuat laporan atau menghitung anggaran sehingga menjadi skill wajib yang harus dikuasai oleh karyawan.

Fungsi Microsoft Excel pada dasarnya berguna untuk membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, serta meringkas data suatu perusahaan.

Dalam pengoperasiannya, pengguna harus memahami mengenai formula dan fungsinya untuk mempermudah penggunaan.

10 Rumus Excel Yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

Berikut ini rumus Excel yang bisa dipelajari oleh pelajar atau mahasiswa dengan mudah.

1. SUM

SUM adalah rumus Excel untuk menjumlahkan sejumlah data dari kolom atau baris dengan memilihnya atau mengetiknya, misalnya =SUM(A1:A8) akan menjumlahkan semua nilai di antara A1 dan A8 dan seterusnya.

2. COUNT

COUNT berguna untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen. Rumusnya =COUNT(A1:A8)

3. AVERAGE

Seperti namanya, AVERAGE adalah rumus Excel untuk mengetahui jumlah rata-rata. Caranya dengan mengetik =AVERAGE(A1:A8)

4. IF STATEMENTS

Rumus Excel IF STATEMENTS sangat berguna dalam banyak situasi. Fungsi ini memungkinkan untuk menampilkan teks jika suatu kasus valid atau salah.

Misalnya, Anda dapat menulis =IF(A1>A2, 'VALID', 'SALAH'), di mana A1>A2 adalah kasusnya, 'VALID' jika outputnya benar dan 'SALAH' adalah outputnya jika salah.

5. SUMIF, COUNTIF, AVERAGEIF

Fungsi-fungsi ini merupakan kombinasi dari fungsi SUM, COUNT, AVERAGE dan STATEMENT IF. Semua fungsi ini disusun dengan cara yang sama, menjadi =FUNCTION(rentang, kriteria, rentang fungsi).

6. VLOOKUP

Bagi yang sedang belajar rumus Excel pasti sudah tak asing dengan istilah ini. VLOOKUP merupakan singkatan dari Vertikal Look Up.

Fungsinya untuk membuat Excel menampilkan data nilai tertentu dalam kolom (yang disebut 'array tabel') dalam format horizontal.

=VLOOKUP(nilai pencarian, rentang, nomor kolom, salah atau benar).

7. CONCATENATE

CONCATENATE merupakan rumus Excel yang berguna untuk menggabungkan data ke dalam satu sel. Misalnya Anda ingin menggabungkan nama depan dan nama belakang, masing-masing di sel A1 dan A2.

Ketik =CONCATENATE(A1 , ' ' , B2), untuk menggabungkan nama menjadi satu sel, dengan ' ' menambahkan spasi di antaranya.

8. MAX & MIN

Seperti namanya, rumus Excel ini digunakan untuk mengetahui nilai minimal dan maksimal suatu data. Rumusnya adalah =MAX(A1:A10) akan menampilkan nilai numerik maksimum.

Sementara rumus untuk menampilkan nilai minimal yakni =MIN(A1:A10)

9. AND

Rumus AND Excel umumnya digunakan untuk memeriksa apakah hal-hal tertentu benar atau salah.

Fungsi AND mengembalikan TRUE jika semua argumennya mengevaluasi ke TRUE, dan mengembalikan FALSE jika satu atau beberapa argumen mengevaluasi ke FALSE.

Misalnya, =AND(A1='GOOD', B2>10) akan menampilkan TRUE jika A1 adalah BAIK dan nilai B2 lebih besar dari 10.

10. PROPER

Rumus Excel kali ini digunakan ketika data memuat banyak teks berformat aneh dan terlihat campur aduk, misalnya, huruf kapital di tempat yang salah. Misalnya Anda bisa mengetikkan =PROPER(A1) untuk memperbaikinya.