8 Browser Terbaik dan Tercepat 2021

Browser Terbaik Android 2021, Browser Terbaik Android Super Cepat dan Super Ringan, Browser Tercepat Untuk Android 2021, Browser 2021.
browser-terbaik

Browser adalah perangkat lunak atau software yang memungkinkan pengguna internet untuk membuka halaman website. Nah, agar aktivitas mengakses website tersebut lebih lancar, kamu wajib menggunakan salah satu dari browser terbaik dan tercepat berikut.

Macam-macam web browser ini tentunya memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan jenis lainnya. Tidak percaya? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di sini. Jagoan Hosting akan menjabarkan keunggulan masing-masing aplikasi browser terbaik untuk laptop maupun smartphone kamu. Check it out!

Macam-Macam Browser Terbaik dan Tercepat

Menggunakan browser untuk berselancar di internet tentunya bisa mempermudah dan membuat pekerjaan kita lebih efisien. Seperti yang kita tahu, bahwa cukup banyak contoh browser yang ada di internet.

Agar sesuai dengan kebutuhanmu, coba kenali keunggulan dan fitur yang ditawarkan browser tersebut. Seperti, kinerja yang lebih cepat, keamanan yang lebih baik, dan fleksibilitas serta eksistensi yang bisa diunduh. Cek penjelasan lengkapnya pada rangkuman berikut.

1. Google Chrome

browser terbaik

Buat kamu yang memiliki perangkat laptop atau komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan browser terbaik satu ini. Yap! Google Chrome, browser keluaran Google. Dengan browser ini, kamu bisa menambahkan ekstensi atau mengunduh aplikasi sesuai dengan kebutuhanmu.

Namun, browser Chrome juga tidak sempurna dan memiliki kekurangan. Salah satunya adalah penggunaan penyimpanan dan daya yang cukup tinggi sehingga kurang cocok untuk perangkat dengan spek yang rendah.

Berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan Chrome secara lengkap dari Jagoan Hosting.

Keunggulan Google Chrome

  1. Memiliki Kecepatan tinggi

Keunggulan Google Chrome adalah pada kecepatan yang dimilikinya. Dengan mesin JavaScript v8 yang digunakannya, kamu bisa mengakses website kompleks sekalipun secara lebih cepat jika dibandingkan dengan contoh browser lainnya. Bahkan hasil yang ditampilkan masih sangat tajam dan responsif.

  1. User interface yang nyaman dan user friendly

Berbeda dengan web browser lain yang berusaha menampilkan desain profesional, Chrome memilih tampilan sederhana, praktis, ramah pengguna namun tetap elegan. Design material minimalis ala Google ini terbukti berhasil membuat pengguna nyaman dan mudah untuk digunakan sehingga peminatnya semakin banyak.

  1. Extension tanpa batas dan langsung terhubung dengan Google

Chrome merupakan salah satu browser terbaik yang memiliki fitur dengan extension tak terbatas. Extension atau program ekstensi ini cukup bervariasi, mulai untuk mendukung produktivitas, alat untuk belajar, permainan, hingga ekstensi berbelanja.

Kekurangan Google Chrome

Selain memiliki keunggulan, ternyata Google Chrome juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  1. Sering muncul bug

Meskipun browser ini cukup responsif, Google Chrome nyatanya memiliki banyak bug yang sering mengganggu. Namun, Google selalu berupaya untuk mengatasi hal ini.

  1. Chrome memakai RAM yang cukup boros

Disadari atau tidak, Chrome menggunakan RAM yang cukup boros. Sehingga ketika mencapai batas tertentu, akses internet bisa menjadi sangat lemot bahkan terjadi hang.

2. Safari

Jika kamu penggemar produk-produk apple, pasti sudah tidak asing lagi dengan browser milik Apple satu ini. Safari adalah browser yang identik dan dibuat khusus untuk sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc, dan dioperasikan di Mac dan iOS.

Safari ini juga termasuk ke dalam browser terbaik ke-3 dalam hal kecepatan dan banyak digunakan oleh pengguna. Nah, buat kamu yang memiliki device Apple Inc, ketahui lebih dalam dulu keunggulan dan kekurangannya yuk.

Keunggulan Safari

  1. Memiliki fitur Nitro Engine

Keunggulan pertama dari Safari adalah memiliki Nitro Engine yang bisa meningkatkan kecepatan browser dalam melakukan pemrosesan data. Dengan menggunakan fitur Nitro Boost di Safari, maka pemrosesan aplikasi Java di suatu situs akan lebih cepat, bahkan bisa diklaim lebih cepat dibandingkan dengan browser lainnya.

  1. Memiliki desain UI yang menarik

Produk-produk Apple ini memang selalu punya desain yang unik. Hal ini karena Apple selalu bergantung pada kualitas dan selalu melakukan riset tentang desain produknya agar mudah digunakan oleh pasaran. Safari browser ini memiliki keunggulan dengan desain yang sederhana dan mudah dijalankan, dan tentunya memiliki desain yang menarik.

  1. Bagi pengguna sistem operasi Mac OS tidak perlu melakukan instalasi.

Keunggulan lainnya, bagi kamu yang gemar menggunakan gadget dari Apple Inc. Maka kamu tidak perlu melakukan instalasi, hal ini karena salah satu contoh browser terbaik ini sudah tersedia dan menjadi sistem default untuk semua sistem operasi yang menggunakan Mac maupun iOS.

Kekurangan Safari

  1. Terdapat bug bernama “Carpet Bombing”

Carpet bombing adalah nama yang diberikan pada bug yang ada di Safari Browser. Bug ini ada saat kondisi peretas dan penyerang juga dapat merusak dan juga menghapus desktop dari pengguna safari. Penyerang menggunakan bug dan juga lubang (hole) di perangkat lunak safari.

  1. Tidak ada fitur restore

Ketika Safari browser mengalami hang atau freeze, semua aktivitas browsing di halaman web tidak dapat dibuka kembali, dan harus mengulang dari awal. Hal ini tentunya akan membuang waktu, dan tautan yang sudah dibuka harus diulang dari awal.

3. Mozilla Firefox

browser terbaik

Dulunya Firefox ini memiliki nama Phoenix dan kemudian dikenal dengan Mozilla Firebird hingga akhirnya menjadi peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Mozilla. Tidak hanya asal usul namanya saja, kamu juga perlu mengetahui keunggulan dan kekurangan Mozilla Firefox di bawah ini.

Keunggulan Mozilla Firefox

  1. Lebih aman dengan sistem keamanan tingkat lanjut

Mozilla Firefox memang dikenal sebagai salah satu browser terbaik yang dibekali dengan sistem keamanan hingga tingkat lanjut. Tentunya sistem yang ada ini mampu menghadapi segala bentuk ancaman seperti, spyware yang kerap terunduh secara otomatis, malware maupun beberapa virus tertentu.

  1. No Ads

Berbeda dengan browser lainnya, Mozilla Firefox memiliki fitur Mode Turbo yang memungkinkan penggunaannya tidak akan bisa melihat berbagai iklan atau pop up yang biasanya mengganggu saat berselancar di internet.

  1. Memiliki fitur reader

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca, menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser menjadi pilihan yang tepat. Alasannya, karena Mozilla Firefox memiliki fitur reader view yang hanya menampilkan berupa tulisan saja. Fitur ini juga dilengkapi dengan sephia, dark, untuk bisa kamu sesuaikan agar nyaman membaca.

  1. Memiliki tab history

Tidak seperti dengan Safari yang tidak memiliki fitur untuk restore. Di Mozilla Firefox kamu tidak perlu lagi repot untuk membuka tab baru untuk membuka halaman history. Cukup dengan melihat pop up kecil di sebelah kiri.

  1. Berbagai jenis extensions

Sama seperti dengan Chrome, Mozilla Firefox juga dilengkapi dengan berbagai pilihan extensions atau add ons yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kekurangan Mozilla Firefox

  1. Terlalu banyak menghabiskan penyimpanan PC

Meskipun memiliki beberapa keunggulan Firefox juga memiliki kelemahan utama yaitu, dikenal banyak menghabiskan memori pada komputer. Sehingga browser ini tidak cocok digunakan pada komputer yang memiliki spesifikasi yang rendah. Karena jika tidak akan mengakibatkan browser ini lambat, freeze dan sebagainya.

  1. Tidak bisa melanjutkan secara otomatis saat download

Ketika kamu mendownload suatu file dan bersamaan dengan berselancar di berbagai situs yang lain. Hal ini akan memperlambat proses pengunduhan. Nah, kelemahan dari Mozilla Firefox ini jika hasil pengunduhan gagal maka harus mengulang dari awal.

4. UC Browser

UC Browser adalah contoh browser yang lebih banyak diinstall pada perangkat Android. Browser ini berfungsi untuk menerima dan menyajikan informasi dalam bentuk gambar, teks, video, atau suara. Selain berfungsi menjadi browser, UC Browser juga bisa digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web. Sebelum menggunakan UC Browser ini ada baiknya kamu cek dulu keunggulan dan kekurangannya di bawah ini, ya!

Keunggulan UC Browser

  1. Bisa memangkas data saat browsing

Menggunakan UC Browser kamu dapat memangkas data yang kita ambil hingga 90%, sehingga kita dapat menghemat paket data handphone yang kita gunakan.

  1. Tombol navigasi yang jelas

Untuk menggunakan browser tentunya akan ada beberapa tombol navigasi. Namun, bagaimana jadinya jika tombol navigasi ini tidak jelas dan membingungkan? Nah, maka dari itu UC Browser hadir dengan tombol navigasi yang elegan dan jelas. Sehingga akan memudahkan kamu dalam mengoperasikannya, meskipun hanya berisi 5 tombol navigasi tapi petunjuk penggunaannya cukup lengkap.

  1. Pengunduhan efektif (smart download)

Berbeda dengan Mozilla Firefox jika pengunduhan gagal maka harus mengulang dari awal dan rentan dengan gagalnya. Dengan UC Browser kamu bisa mengunduh data atau file secara bebas, bisa juga mendownload file secara bersamaan hanya dengan 3 file.

  1. Keamanan yang terjamin

Buat kamu yang menggunakan UC Browser tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan privasi saat melakukan jelajah data, karena UC browser telah menjamin keamanan privasi penggunanya, bahkan anda bisa melakukan jelajah tanpa jejak.

Kelemahan UC Browser

  1. Belum mendukung RSS Feed

UC Browser belum mendukung RSS Feed dan Javascript yang menjadi kendala bagi sebagian orang yang ingin menampilkan mode desktop atau mode PC.

  1. Terlalu banyak iklan dan notifikasi

Jika kamu pengguna Android maka kamu tidak asing lagi dengan iklan atau notifikasi dari UC Browser. Hal ini lah yang menjadi kelemahan UC Browser. Kamu bisa menggunakan fitur ad Block.

5. Vivaldi

browser terbaik

Vivaldi sebagai salah satu contoh browser juga sudah melalui versi alpha dan versi beta. Vivaldi didirikan oleh mantan petinggi Opera, Jon Von Tetzchner. Didirikan oleh orang yang sudah berpengalaman, web browser Vivaldi juga memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui di bawah ini:

Keunggulan Vivaldi

  1. Memiliki fitur tab stacking

Browser ini cocok buat kamu yang ingin bekerja multitasking, karena dengan browser ini bisa membuka banyak tab dan menemukannya dengan mudah dari tab satu ke tab lainnya.

Selain itu, dengan browser Vivaldi kamu juga bisa membuat folder tab. Hal menarik lainnya kamu bisa mengumpulkan folder tab tersebut seperti, tab social media, tab teknologi, tab digital marketing, dan lain sebagainya.

  1. Memiliki fitur note

Selain memiliki kemampuan untuk tab stacking, dengan browser Vivaldi kamu juga bisa membuat sebuah catatan saat kamu sedang berselancar di internet. Kamu bisa memanfaat note ini di sidebar browser Vivaldi.

  1. Menggunakan Quick Command

Kamu bisa menggunakan Quick Command pada browser Vivaldi dengan cara menekan F2 lalu ketik perintah kamu inginkan. Dengan quick command ini kamu bisa dengan cepat menemukan history browsing ataupun bookmark. Setelah menekan F2 tersebut kamu akan diarahkan pada sebuah halaman pop-up untuk bisa kamu gunakan.

  1. Memiliki berbagai macam add-ons

Dengan dukung basis engine yang sama dengan Chrome yaitu, Blink engine. Vivaldi juga memiliki beberapa add ons dan extension yang bisa kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhanmu.

Kekurangan Vivaldi

  1. Menghabiskan banyak memori/penyimpanan pada komputer

Jika kamu menggunakan browser satu ini, Jagoan Hosting menyarankan agar kamu menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi daya simpan/memori yang cukup untuk mengoperasikan Vivaldi Browser.

6. Opera

Opera adalah contoh browser yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Opera. Menarik, Opera Browser ini memiliki rating tertinggi di antara browser lainnya dan menjadi salah satu browser favorit.

Selain bisa digunakan pada desktop Opera juga bisa digunakan pada seluler, atau disebut dengan Opera Mini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan keunggulan Opera Browser.

Keunggulan Opera Browser

  1. Memori kecil, ringan dan lebih cepat

Jika beberapa browser cukup banyak menghabiskan kapasitas penyimpanan pada komputer, Opera justru hanya perlu memori yang kecil. Sehingga Opera Browser ini bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan pengalaman berinternet dengan cepat dan ringan jika dibandingkan dengan browser lainnya.

  1. Memiliki kosa kata yang cukup baik

Jika pada browser lain kamu diharuskan untuk memahami Bahasa Inggris pada Browser Opera ini kamu bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Hal ini karena Opera memiliki keunggulan dengan kosakata yang cukup beragam.

  1. Dapat VPN Gratis

Siapa disini yang suka memakai VPN? Dengan opera kamu bisa menggunakan VPN secara gratis, data-data yang ditransfer tidak akan mudah diretas oleh para penyerang, dan dengan Opera kamu tidak perlu melakukan install ulang atau install aplikasi tambahan.

  1. Mudah memblokir iklan pop up

Jika kamu merasa terganggu dengan iklan-iklan pop up yang biasanya tiba-tiba muncul. Kamu bisa melakukan pemblokiran iklan atau pop up banners dengan cepat dan mudah, hanya dengan cara mengaktifkan mode Block Ads yang terdapat pada halaman Opera Browser.

Kekurangan Opera Browser

  1. Tidak memiliki bar loading

Dengan kekurangan ini maka kamu tidak bisa melihat sampai mana proses loading dari website yang sedang kamu akses.

7. Maxthon

browser terbaik

Maxthon Browser ini awalnya bernama MyIE2 dan digunakan sebagai penjelajah web gratis untuk Windows dan Mac OS yang dikembangkan di Cina. Pada tahun 2008 dan 2009 Maxthon pernah memenangkan XNET Webware 100 Awards, dan masuk ke dalam 97 produk terbaik di seluruh dunia pada tahun 2011.

Dari penghargaan ini tentunya Maxthon juga memiliki keunggulan yang membuatnya menang, dan juga kekurangan yang terus dikembangkan. Simak yuk, kelebihan dan kekurangan Maxthon di bawah ini:

Keunggulan Maxthon Browser

  1. Memiliki kecepatan yang lebih unggul

Maxthon dikenal sebagai browser yang memiliki kecepatan unggul dan memberikan stabilitas koneksi internet. Kamu bisa mencoba Maxthon dan membuka berbagai macam situs dengan cepat.

  1. Compatible untuk semua sistem operasi

Maxthon dapat digunakan pada semua sistem operasi seperti, Windows, Linux, Mac OS, hingga android.

  1. Lebih sedikit menghabiskan memori

Berbeda dengan browser lainnya, Maxthon lebih irit dalam pemakaian memori dibandingkan dengan Google Chrome atau Mozilla.

  1. Aman dan mudah digunakan

Maxthon telah dilengkapi sistem keamanan yang cukup ketat jadi tidak perlu khawatir tentang data pribadi yang diretas. Selain aman, Maxthon juga mudah digunakan karena tampilannya yang user-friendly.

Kekurangan Maxthon Browser

  1. Lebih sedikit fitur add ons

Tidak seperti Chrome atau Firefox, Maxthon memiliki kekurangan dengan sedikitnya fitur add ons.

8. Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser yang pengembangannya berbasis Chromium, sehingga ekstensi Google Chrome akan support pada Microsoft Edge. Browser ini dirancang sebagai penjelajah website yang ringan dengan user interface sesuai dengan standar we,. Simak yuk! Berikut ini adalah ulasan mengenai keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh Microsoft Edge.

Keunggulan Microsoft Edge

  1. Lebih ringan

Microsoft Edge saat ini menjadi browser paling ringan dengan penggunaan memori paling sedikit jika dibandingkan dengan Google Chrome atau Firefox.

  1. Langsung terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya

Dengan Microsoft Edge, pengguna dapat menggunakan produk Microsoft yang berbasi cloud seperti, Microsoft 365, Cortana dan lain sebagainya.

  1. Tampilan menarikan dan fungsionalitas baik

Tampilan Microsoft memang dibuat sederhana dan menarik agar dapat membuat para penggunanya nyaman. Selain itu fitur-fitur yang dimiliki juga lebih baik. Pengguna dapat memanfaatkan fitur unggulannya seperti, Reading List, Notes, Immersive Reader, Cortana dan lain sebagainya.

Kekurangan Microsoft Edge

  1. Tidak compatible untuk Windows 10 ke bawah

Untuk menggunakan Microsoft Edge kamu harus menggunakan atau install dulu Windows 10 agar penggunaan lebih maksimal.

  1. Ekstensi masih beta

Extention dari Microsoft Edge saat ini masih dalam status Beta. Namun, kabar terbaru Microsoft Edge akan menjadi yang browser terbaik karena terintegrasi juga dengan browser lainnya seperti Firefox dan Chrome.

Kesimpulan

Nah, itu tadi daftar browser terbaik dan tercepat yang patut kamu coba. Selain bisa mengoptimalkan aktivitasmu berselancar di internet, ukuran macam-macam browser tadi pun cukup ringan sehingga tidak membebani perangkatmu.

Blogger, Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer.

Post a Comment

© DhikaMedia. All rights reserved. Developed by Jago Desain